Tips Bekerja Setelah Liburan

Setelah liburan awal tahun usai, tentu saja Anda sebagai pekerja kantoran harus kembali bekerja dengan semangat bukan perkara yang mudah.  Sindrom liburan masih terasa dan bisa saja membuat Anda malas untuk melakukan aktifitas rutin Anda. Lalu bagaimana cara untukkembali mendapatkan semangat kerja setelah liburan yang mungkin jangka waktunya sangat lama? Simak tips-nya di bawah ini, seperti diutarakan oleh Huffington Post  pada januari 2013:

1. Jadwalkan hari pertama
Bayangkan hari pertama bekerja Anda setelah berlibur akan sangat menyenangkan. Kemudian buatlah jadwal untuk beberapa minggu pertama bekerja. Dengan membuat jadwal, secara mental Anda akan menyiapkan diri mengenai apa saja yang akan Anda lakukan ketika masuk kantor nanti. Anda pun siap menyambut hari kerja dengan semangat.
2. Menumbuhkan semangat
Memang tidur-tiduran, bersantai, dan ngemil akan lebih menyenangkan dibanding kembali kerja. Namun daripada terus bermalas-malasan, lebih baik Anda memanfaatkan waktu liburan yang ada untuk beristirahat. Saat liburan, Anda bisa tidur cukup, melepaskan diri dari stres, dan rasa lelah bekerja. Dengan begitu Anda bisa kembali bekerja dengan semangat dan stamina prima ketika liburan sudah usai.

3. Beri penghargaan
Saat hari pertama bekerja berikan diri Anda sendiri penghargaan seperti minuman cokelat saat bekerja, atau makanan yang tak biasa Anda konsumsi. Membuat suasana hari pertama bekerja terasa menyenangkan akan semakin membuat Anda bersemangat di hari selanjutnya.

4. Datang lebih awal
Datanglah lebih awal di kantor, sebelum teman-teman Anda yang lain datang. Ini akan memberikan waktu untuk mempersiapkan dan menyegarkan diri, serta membuat Anda lebih berkonsentrasi untuk bekerja. Jika datang agak terlambat, Anda akan merasa panik karena belum sempat bersiap-siap sementara rekan kerja sudah mulai bekerja.

5. Jangan terlalu percaya diri
Minggu pertama setelah liburan pasti sangat sibuk, untuk itu jangan terlalu percaya diri untuk membuat janji dengan banyak orang atau membuat target yang susah dicapai. Anda akan berurusan dengan banyak hal, dan ini bisa saja menghalangi Anda untuk melakukan semuanya. Jangan sampai mengecewakan orang lain yang sudah berharap atas hal yang Anda janjikan.

6. Tangguh
Kebanyakan rekan kerja akan merasakan sindrom pasca-liburan seperti Anda, untuk itu Anda harus bersikap tangguh. Jangan ikut-ikutan malas seperti rekan kerja yang lain. Tetaplah bersemangat kerja dan buatlah suasana bersemangat di antara rekan-rekan kerja. Sikap tangguh dan optimis semacam ini akan menular pada rekan kerja, sehingga Anda pun bisa bekerja kembali dengan semangat.


Pengunjung

Flag Counter